Hosting Your Business Can Count On - GoDaddy.com

Selasa, 10 Januari 2012

pengenalan ms. excel

Microsoft exel

Untuk memulai Microsoft excel, dapat melakukan beberapa cara :
1.       Klik star pada taskbar windows anda, kemudian pilih program Microsoft office – Microsoft excel.
2.       Apabila pada desktop windows anda terdapat icon Microsoft excel, anda dapat melkukan double klik pada icon tersebut, atau dapay mengklik dan kemudian tekan tombol enter.
3.       Perhatikan tampilan awal berikut ini,

Gambar1.1 tampilan dilayar awal ms. excel

ketika Microsoft excel diaktifkan maka sebuah buku kerja workbook kosong akan terbuka, siap untuk digunakan. Buku kerja baru tersebut terdiri dari 3 lembar kerja sheet yang di wakili melalui web lembar kerja (tab sheet) yang terletak dijendela aplikasi paling bawah. Jumlah sheet dalam tiap workbook dalam ditambah atau dikurangi sesuai dengan kebutuhan. Tiap lembar kerja dalam buku kerja, teerdiri dalam 256 kolom dan 65536 baris.

Kolom diwakili oleh huruf A,B,C,D,……., sedangkan baris diwakili oleh angka 1,2,3,……… sampai 65536. Perpotongan antara baris dan kolom disebut cell.cell diberi nama menurut posisi kolom dan baris pada lokasinya. Conthnya cell c5 adalah potongan antara colom C dan baris 5. Agar kita dapat bekerja dengan lembar sebar dengan lebih efektif, maka kita harus mengerti terlebih dahulu tentang konsep yang digunakan dalam lembar sebar yaitu : konsep WORKBOOK. Workbook merupakan kumpulan dari sheet sedangkan lembar kerja yang terdapat dalam sheet disebut worksheet.

 Biar lebih mudah dalam pemahaman , bayangkan saja workbook itu sebuah buku tulis, dmana setiap buku terdiri dari beberapa halaman untuk menulis. Kita dapat menulis dihalaman 1 (sheet 1) , halaman 5 (sheet 5), dan selanjutnya . bukunya disebut workbook dan halaman –halamannya disebut sheet, dan halaman tempat menulis disebut dengan worksheet.

Unsure –unsur unsure layar ms. Excel :
*     Judul windows
Baris judul menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja yang aktif dan dapat berfungsi untuk memindahkan tampilan program.
*     Formula bar
Lajur untuk mellihat atau mengetik rumus yang dibuat.
*     Sel aktif
Merupakan indicator tempat dimana teks akan muncul jika kita akan mengetik. Posisi ini perlu diperhatikan karena ms. Excel menggunakannya sebagai dasar dalam melakukan sesuatu pekerjaan yang kita perintahkan.
*     Penggulung teks (vertical/horizontal scrool bar)
Untuk memudahkan dalam membaca sesuatu dokumen dengan menggulung layar vertical dan horizontal.
*     Lembar kerja
Menunjukan sheet yang terdapat pada ms. Excel
*     Row heading
Data nama baris dalam ms. Excel
*     Coloum heading
Data nama colom dalam ms. excel

0 komentar:

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Featured Posts