Hosting Your Business Can Count On - GoDaddy.com

Selasa, 10 Januari 2012

FORMAT DATA

FORMAT    DATA

1.       Format huruf
a.       Menggunakan menu bar
b.      Menggunakan toolbar formatting
2.       Format angka
a.       Menggunakan menu bar
b.      Menggunakan toolbar formatting
3.       Fungsi operator
4.       Fungsi statistic
5.       Header and footer

MEMFORMAT TAMPILAN DATA
Dalam excel data dapat kita baik secara horizontal, vertical, maupun dalam bentuk orientasi. Perintah untuk menanpilkan perintah tersebut bisa dilakukan dengan dua cara yaitu melalui ribbon home dan center dan dari tab ribbon format
Menengahkan judul / penggabungan kolom melalui tab ribbon merge dan center
1.       Bukalah file dan ubahlah tampilannya
2.       Blok sell A1-E1 kemudisn klik ribbon home-alignemnt-merge dan center, lalu pilih merge dan center.
Catatan : anda dapat melakukan langkah yang sama untuk penggabungan baris
Menengahkan judul atau penggabungan kolom melalui tab ribbon format
1.       Blokses yang akan digabungkan
2.       Kemudian klik ribbon home-cell-format
3.       [lalu pilih format cell, lalui akan tampil kotak dialog seperti berikut :

                
                                                         Tampilan kotak dialog format cell
Keterangandaftar kotak dialog horizontal :
-          General : data label akan rata kiri sedangkan angka akan dapat rata kanan pada                         setiap sel , hal ini merupakan deauft excel.
-          Left : data lebel dan angka akan rata kiri pada setiap sel
-          Right : data lebel dan angka akan rata kanan pada setiap sel
-          Center : data label dan angka akan rata tengah pada setiap sel
-          Center across selection: data label dan angka akan rata tengah pada range yang disorot
-          Fill : data label dan angka akan dicetak ulang selebar sel
-          Justify :
-          Data akan rata kiri kanan pada kolom sel.
Text control :
-          Wrap text untuk menampilkan teks sesuai dengan lebar kolom
-          Shrink to fit untuk menyesiuaikan ukuran text sesuai dengan lebar kolom
-          Merge cell untuk penggabungan baris dan kolom

4.       Kemudian pilih center accses selection pada kotak horizontal
5.       Klik tombol ok
6.       Lakukan hal yang sama untuk judul kolom dan judul kolom total

Membuat garis pembatas atau bingkai dari tab ribbon border :
1.       Tempatkan poiter pada sel atau blok range yang akan diberi bingkai
2.       Klik ribbon home-font-border
3.       Lalu pilioh more border atau dengan menekan tombol ctrl+1 di keyboard, maka akan tampil kotak dialog berikut :
          
                                                                  Tampilan kotak dialog border
4.       Pada option presets pilih dan klik salah satu box
5.       Pada option border, pilih dan klik garis pembatas yang diinginkan
6.       Pada lline stile, pilih jenis garis yang di ingikan
7.       Pada drop-down color, pilih dan klik warna garis yang diinginkan
8.       Klik tombol ok

Format tampilan angka
             
                                                                                Format cell number
        
Membuat angka urut
Didalam pengetikan angka urut misalnya 1 sampai dengan 10 , sering kita mengetik angka –angka tersebut secara manual. Hal semacam ini kurang efektif  karena membutuhkan waktu yuang lama dan kemungkinan akan terjadi kesalahan ketik.
1.       Klik cell A1
2.       Ketik angka 1 (tekan enter 1 x)
3.       Ketik angak 2 ( tekan enter 1 x)
4.       Blok cell A1 sampai  cell A2
5.       letakkan pointer di fill handle (pojok kanan bawah) sampai muncul tanda +
6.       drag ke bawah sampai baris ke 10
hiararki adalah urutan pelaksanaan eksekusi suatu operasi jika terdapat beberapa operator sekaligus dalam satu rumus. Untuk mempengaruhi uutan hierarki dapat dipengaruhi dengan mengkelompokannya menggunakan tanda kurung.

Contoh :
             
                                       
Fungsi statistic ms. Excel
Fungsi ststistik bermanfaat jika ingin menghitung mengetahui sesuatu nilai dari kelompok data, seperti nilai tinggi, terendah, rata – rata dll.
=COUNTH (range)           : menghitungb banyak data dalam suatu range
=AVERAGE (range)          : menghitung nialai rata-rata data dalam suatu range
=MAX                                   : menghitung nilai tertinggi
=MIN                                    : menghitung nilai terendah




Contoh :
         

0 komentar:

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Featured Posts